Pentingnya Melakukan MCU Untuk TKI

  • 08/12/2023
  • Comment: 0

Pentingnya Melakukan MCU Untuk TKI

Medical Check Up (MCU) atau yang dikenal dengan pemeriksaan kesehatan wajib dilakukan oleh seorang yang ingin bekerja ke luar negeri, baik orang yang ajkan bekerja di sektor formal maupun informal. MCU yang wajib dilakukan oleh seseorang yang akan menjadi TKI ini juga dikenal sebagai sayarat utama bagi orang yang akan berangkat ke luar negeri, jadi melakukan MCU ini sangat penting sekali.

Selain sebagai syarat utama, dan penting diklakukan, seseorang yang akan melakukan MCU untuk menjadi TKI di luar negeri adalah intik mendapat kepercayaan pada negara tujuan, pengaruh dari MCU ini dapat bermanfaat untuk negara tujuan menerima calon TKI untuk bekerja.

MCU yang akan dijalani oleh TKI biasanya difokuskan pada pemeriksaan fisik, radiologi, serta laboratorium.

Berikut ini adalah prosedur dari MEdical Check UP (MCU):

  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan

Pada tahap awal dilakukan medical check up, pasien akan melakukan tanya jawab dengan dokter mengenai keluhan kesehatan yang sedang dialami, atau bisa saja menjelaskan mengenai riwayat kesehatan pasien.

  1. Pemeriksaan tanda vital

Tanda-tanda vital yang akan diperiksa dalam medical check up diantaranya seperti frekuensi denyut jantung, frekuensi pernafaasan, suhu tubuh, tekanan darah, itulah poin-poin yang akan diperiksa saat pemeriksaan tanda vital.

  1. Pemeriksaan fisik

Pada saat pemeriksaan fisik, pasien dapat diminta untuk berdiri, duduk, dan berbaring, hal ini juga tergantung pada bagian mana yang akan diperiksa. Pemeriksaan fisik biasanya akan dimulai dengan terlebih dahulu mengukur berat badan, setelah itu dokter atau petugas yang berwenang akan memeriksa seluruh kondisi tubuh pasien , mulai dari kepala hingga kaki.

Pada kondisi pemeriksaan ini, dokter mungkin akan mengawalinya dengan melihat apakah ada kelainan pada kulit, rambut, atau kuku, serta dokter mungkin saja akan menekan atau mengetuk bagian tubuh tertentu. Bila merasakan ada rasa nyeri saat dilakukan penekanan, atau saat dilakukan pengetukan, beritau dokter.

Pemeriksaan selanjutnya, dokter akan memeriksa bagia mata, hidung, telinga, hingga organ bagian dalam tubuh.

Pemeriksaan fisik menyeluruh akan dilakukan oleh dokter atau petugas yang berwenang dalam melakuakan proses Medical Check Up ini.

  1. Pemeriksaan penunjang

Pemeriksaan penunjang akan dilakukan, jika dalam kondisi diperlukan, beberapa contoh dari pemeriksaan penunjang adalah pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan radiologi, pemeriksaan rekam jantung. Contoh pemeriksaan-pemeriksaan penunjang tersebut akan dilakukan untuk memperkuat diagnosa.

Itulah sekilas pemaparan terkait Medical Check UP (MCU) untuk TKI, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta melayani bagi para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk melakukan Medical Check Up (MCU), petugas yang profesional, proses cepat, dan hasil akurat dijamin akan anda dapatkan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.