MCU Petugas Haji dan Umroh

  • 02/01/2024
  • Comment: 0

MCU Petugas Haji dan Umroh

Medical check up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan MCU ini, diharapkan kesehatan petugas haji dan umroh bisa di deteksi dengan dini, biasanya proses Medical Check Up akan diawali dengan tanya jawab atau sesi wawancara terhadap pasien, pertanyaan akan tertuju pada seputar keluhan, riwayat penyakit, serta gaya hidup pasien, setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan pada tanda-tanda vital tubuh pasien, seperti suhu tubuh, tekanan darah, serta detak jantung, setelah itu petugas akan melanjutkan pemeriksaan kondisi fisik secara umum.

Medical Check Up (MCU) haji dan umroh menjadi persyaratan utama bagi petugas haji dan umroh yang hendak bertugas. Kesehatan memang menjadi hal yang wajib diperhatikan, terlebih bagi petugas yang akan melaksanakan tugas untuk menjadi petugas haji dan umroh, salah satu manfaat dari MCU bagi petugas haji dan umroh adalah untuk mengantisipasi terjadinya persebaran penyakit yang menular, serta bisa juga untuk mengantisipasi jika petugas mempunyai penyakit kambuhan, hal ini tentu saja sangat bermanfaat saat petugas sedang bertugas di tanah suci.

Berikut standar Medical Check Up (MCU) bagi petugas Haji dan Umroh:

  1. ANAMNESA

(Riwayat penyakit sekarang, riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit keluarga, serta kebiasaan sehar–hari seperti olahraga, merokok, minum alkohol, dan lain-lain).

  1. PEMERIKSAAN FISIK

(Berat badan, tinggi badan, vital sign, keadaan umum, pemeriksaan Head to Toe yaitu bagian kepala (mata, THT, mulut), leher, thorax, abdomen, extremitas, dan pemeriksaan neurologis).

  1. PENUNJANG
  2. Laboratorium
  3. Hematologi: Darah lengkap kimia darah: Lemak darah (Cholesterol, HDL, LDL, dan Trigliserid), fungsi ginjal (Ureum, Creatinin, dan Asam Urat), fungsi hati (SGOT dan SGPT), guka darah (GDP, G2JPP).
  4. Urine: Urine lengkap, dan tes kehamilan (bagi wanita)
  5. Radiologi
  6. Thorax PA
  7. Elektrokardiografi

Setelah proses Medical Check Up (MCU) selesai maka akan keluar hasil pemeriksaan, diantaranya:

  1. Fit to work (sehat/laik bekerja)
  2. Fit with note (sehat/laik bekerja dengan catatan)
  3. Unfit (tidak sehat/tidak laik bekerja)

Medical Check Up (MCU) untuk petugas haji dan umroh dapat dilakukan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, kami memiliki kompetensi serta kemampuan dengan diiringi oleh pelayanan yang prima siap melayani anda, para petugas haji dan umroh untuk melakukan Medical Check Up (MCU) sesuai standar yang berlaku dan telah ditentukan.