Mau Berangkat Haji? Kenali Dulu Istitha’ah Haji

  • 05/01/2024
  • Comment: 0

Mau Berangkat Haji? Kenali Dulu Istitha’ah Haji

 

Apa itu istitha’ah haji? Menurut apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW istitha’ah mempunyai arti bekal atau kendaraan, jadi istitha’ah dapat dijelaskan suatu kondisi seseorang yang memiliki bekal finansial, telah mengetahui mengenai manasik haji, mempunyai hati yang ikhlas, sabar, syukur, tawakkal, tawaddlu’. serta sehat secara mental dan fisik.

Jika istitha’ah diartikan dengan arti kendaraan maka dapat dijelaskan sesuatu yang dapat mengantarkan seseorang untuk menunaikan ibadah haji, hal ini mencangkup waktu, keamanan, serta kesempatan.

Dalam pembahasan ini kita akan membahas mengenai istitha’ah bagi kesehatan calon haji.

Dalam peraturan Kementerian Agama yang terbaru, dalam hal ini pelaksaan haji tahun 2024, istitha’ah kesehatan menjadi syarat utama seseorang dapat berangkat haji. Maka dari itu RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam memfasilitasi serta mendukung aturan ini, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai pelayanan Medical Check Up (MCU) untuk ibadah haji.

Medical Check Up (MCU) adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui pemeriksaan MCU ini, diharapkan kesehatan petugas haji dan umroh bisa di deteksi dengan dini, biasanya proses Medical Check Up akan diawali dengan tanya jawab atau dikenal dengan sesi wawancara terhadap pasien, pertanyaan akan meliputi seputar keluhan, riwayat penyakit, serta gaya hidup pasien, setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan pada tanda-tanda vital tubuh pasien, seperti suhu tubuh, tekanan darah, serta detak jantung, setelah itu petugas akan melanjutkan pemeriksaan kondisi fisik secara umum.

Dengan mengetahui kesehatan maka para calon jamaah haji akan dapat mempersiapkan diri mereka dengan baik, sehingga risiko-risiko yang akan muncul akan dapat diantisipasi dan tentunya dengan persiapan yang baik maka para calon jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan khusyu.

Berikut standar Medical Check Up (MCU) bagi para calon jamaah Haji:

  1. ANAMNESA

(Riwayat penyakit sekarang, riwayat penyakit dahulu, riwayat penyakit keluarga, serta kebiasaan sehar–hari seperti olahraga, merokok, minum alkohol, dan lain-lain).

  1. PEMERIKSAAN FISIK

(Berat badan, tinggi badan, vital sign, keadaan umum, pemeriksaan Head to Toe yaitu bagian kepala (mata, THT, mulut), leher, thorax, abdomen, extremitas, dan pemeriksaan neurologis).

  1. PENUNJANG
  2. Laboratorium
  3. Hematologi: Darah lengkap kimia darah: Lemak darah (Cholesterol, HDL, LDL, dan Trigliserid), fungsi ginjal (Ureum, Creatinin, dan Asam Urat), fungsi hati (SGOT dan SGPT), guka darah (GDP, G2JPP).
  4. Urine: Urine lengkap, dan tes kehamilan (bagi wanita)
  5. Radiologi
  6. Thorax PA
  7. Elektrokardiografi

Setelah proses Medical Check Up (MCU) selesai maka akan keluar hasil pemeriksaan, diantaranya:

  1. Fit to work (sehat/laik bekerja)
  2. Fit with note (sehat/laik bekerja dengan catatan)
  3. Unfit (tidak sehat/tidak laik bekerja)

Pelayanan Medical Check Up (MCU) Haji RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta siap mendukung kelancaran ibadah haji, kami akan memberikan pelayanan terbaik dan profesional untuk melayani kesehatan anda dan keluarga.