Inilah 10 Cara Mengatasi Flu yang Efektif Serta Mudah Dilakukan

  • 02/01/2024
  • Comment: 0

Inilah 10 Cara Mengatasi Flu yang Efektif Serta Mudah Dilakukan

 

Influenza atau yang sering dikenal dengan flu adalah jenis Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA yang umum terjadi. Gejala flu cukup beragam dari hitung tersumbat, bersin-bersin,demam, sakit kepala, tenggorokan terasa nyeri saat menelan, otot nyeri, dan lain sebagainya. Maka dari itu ada beberapa cara mengatasi flu yang dapat dilakukan, dengan efektif dan mudah. Berikut ini 10 cara mengatasi flu yang efektif serta mudah dilakukan:

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup menjadi cara yang efektif untuk mengatasi flu, karena ketika sedang tidur ssistem imun akan memiliki kesempatan untuk memerangi infeksi yang diakibatkan oleh virus dan bakteri secara maaksimal. Anda disarankan untuk tidur selama 7-8 jam sehari dengan mengurangi aktivitas berat ketika sedang flu.

  1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mengkonsumi makanan sehat dan bergizi adalah cara yang mudah untuk mengatasi flu berikutnya, saaat kondisi tubuh sedang sakit maka akan memerlukan mutrisi lebih banyak untuk melawan infeksi. Maka dari itu, anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan gizi seimbang, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, serat sertamineral yang cukup.

  1. Olahraga Ringan

Walaupun sedang sakit, anda tetap disarankan untuk melakukan olahraga yang berintensitas rendah, seperti jalan pagi, yoga, dan sejenisnya. Olahraga ringan ini dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam juga menjadi cara yang bisa digunakan untuk mengatasi flu. Karena berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengurangi rasa gatal di tenggorokan saat sedang flu. Selain itu, air garam juga mampu membersihkan lendir serta mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Saat flu perbanyak minum air putih, hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Saat flu anda disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih lebih banyak setiap harinya. Selain itu dengan minum air putih dapat bermanfaat untuk menjaga kelembapan tenggorokan sehingga rasa nyeri di tenggorokan dapat dikurangi atau diminimalisir.

  1. Membersihkan Hidung

Cara mengatasi flu berikutnya adalah dengan membersihkan hidung, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan alat semprot khusus untuk membersihkan hidung, anda bisa menggunakan larutan saline untuk membersihkan hidung, hal ini bermanfaat agar saluran pernapasan dapat tetap bersih, khususnya saat dalam keadaan flu. Selain membersihkan hidung, larutan saline juga dapat berguna untuk membunuh mikroorganisme yang bisa memperburuk gejala flu.

  1. Konsumsi Minuman Hangat

Selain air putih, mengonsumsi minuman hangat juga dapat menjadi cara yang mudah dan efektif untuk mengatasi flu mudah dilakukan. Mengkonsumsi minuman hangat, seperti sari jahe, dapat membantu melemaskan otot pada saluran pernapasan yang menegang ketika sedang flu.

  1. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Flu yang dialami oleh penderita flu dapat mengakibatkan hidung tersumbat, serta nyeri pada tenggorokan, maka dari itu dengan posisi tidur dengan kepala lebih tinggi dapat bermanfaat untuk mengatasi hal tersebut.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dapat diketahui bermanfaat untuk membantu lendir dari flu untuk mengalir dengan mudah. Anda bisa menggunakan bantaltambahan ketika sedang flu agar posis kepala lebih tinggi, namun harus dipastikan posisi tidur tersebut tetap dapat membuat tidur anda merasa nyaman.

  1. Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat diketahui juga menjadi cara untuk mengatasi flu. Pasalnya, uap hangat yang dihirup akan membantu melegakan saluran pernapasan penderita flu dengan gejala hidung tersumbat.

  1. Konsumsi Obat dan Multivitamin

Mengonsumsi obat flu juga dapat anda lakukan untuk meringankan gejala flu. Beberapa obat flu yang cukup umum dan dijual bebas yaitu paracetamol, dekongestan, dan antihistamin.

Obat tersebut diketahui mampu meringankan rasa nyeri yang timbul akibat flu. Tetapi, pastikan anda mengonsumsi obat flu ini sesuai dengan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda dapat mengonsumsi multivitamin yang kaya akan zinc, vitamin C, dan vitamin D.

Itulah 10 cara untuk mengatasi flu secara efektif dan mudah, jika kondisi flu tetap tidak membaik segera periksa ke fasilitas kesehatan. RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta siap untuk memberikan pelayanan terbaik terkait keluhan flu yang anda alami.