Speech Delay Ciri dan Penyebabnya: Terapi Wicara Jogja RS PKU Jogja

  • 15/03/2024
  • Comment: 0

Speech Delay Ciri dan Penyebabnya: Terapi Wicara Jogja PKU Jogja

Speech Delay atau yang sering kita dengar sebagai keterlambatan bicara pada anak masih sering kita jumpai di masyarakat. Selain faktor fisik Specch Delay juga dapat dipengaruhi dari gaya hidup sebuah keluarga. Ketahui ciri-ciri Speech Delay dan Penyebabnya: Terapi Wicara Jogja RS PKU Muhammadiyah Jogja

Keterlambatan bicara adalah kondisi di mana anak tidak mencapai tonggak perkembangan bicara mereka sesuai dengan perkiraan usia mereka. Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, tetapi ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan adanya keterlambatan bicara

Berikut beberapa ciri Specch Delay :

  1. Pada saat anak berusia 12 bulan, anak tidak menggunakan gerak tubuh seperti melambaikan tangan ataupun menunjuk sesuatu.
  2. Pada usia 18 bulan anak memilih menggunakan gerak tubuh untuk berkomunikasi daripada bersuara.
  3. Pada usia 18 bulan anak sulit menirukan suara

Selain mengetahui ciri-ciri Speech Delay, kita juga harus belajar mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan Speech Delay pada anak. Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Prof.Dr.dr. Rini Sekartini, Sp.A(k) dalam wawancaranya mengatakan “Gadget itu harusnya sampai dua tahun tidak boleh diberikan,” baca disini…

penggunaan gadget yang berlebihan menjadi perhatian serius bagi para orang tua dan ahli kesehatan. Paparan terhadap layar gadget dapat menghambat interaksi sosial dan pengembangan keterampilan berbicara pada anak-anak.

Ketergantungan pada teknologi juga mempersempit waktu yang seharusnya digunakan untuk berinteraksi verbal dengan orang tua dan teman sebaya. Dampaknya meliputi kemampuan berkomunikasi yang terhambat, kemunduran dalam keterampilan bicara, serta kesulitan dalam memahami dan mengekspresikan kata-kata dengan jelas.

Penting bagi orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget agar anak dapat mengalami interaksi sosial yang sehat dan mendukung perkembangan bahasa mereka.

Untuk membantu masyarakat mengatasi Speech delay pada anak, Terapi wicara Jogja RS PKU Muhammadiyah Jogja siap membantu anak-anak mengatasi keterlambatan berbicara. Dengan tim terapis yang berkualifikasi tinggi dan berpengalaman, kami siap memberikan perawatan yang sensitif dan efektif bagi anak-anak yang mengalami masalah perkembangan bahasa.

Layanan terapi kami dirancang secara khusus untuk mendorong kemampuan komunikasi anak-anak, mengidentifikasi penyebab keterlambatan berbicara, dan memberikan solusi yang sesuai. Pantau perkembangan bicara buah hati anada untuk masa depan yang lebih bermakna. Hubungi kami untuk mendapatkan Terapi Wicara Jogja RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Telp 0274-512653 ext 125 WA : 08170419008 dan 08112981751