Pneumonia pada Anak, Penyebab dan Cara Mengobatinya

  • 19/12/2023
  • Comment: 0

Pneumonia pada Anak, Penyebab dan Cara Mengobatinya
Orang tua harus mewaspadai jika sang buah hati terkena pneumonia, karena hal ini dapat menyebabkan gangguan serius bahkan kematian apabila tidak segera ditangani. Karena gejala pneumonia pada anak mirip dengan batuk pilek biasa sehingga hal ini sering disepelekan.
Maka dari itu kita harus mengetahui apa penyebab, gejala, serta cara mengobati pneumonia pada anak dalam artikel berikut.
Mengenal Pneumonia pada Anak
Pneumonia merupakan salah satu masalah kesehatan pada sistem pernapasan, kondisi pneumonia pada anak terjadi ketika paru-paru anak mengalami peradangan atau infeksi. Kondisi ini diawali dengan infeksi pada saluran pernapasan atas, seperti hidung serta tenggorokan.
Infeksi tersebut kemudian menuju paru-paru dan menyebabkan cairan yang menumpuk, sehingga mengakibatkan tersumbatnya aliran udara di dalam paru-paru. Kondisi ini dapat mengakibatkan anak akan bernafas semakin berat hingga mengalami kondisi kesulitan dalam bernafas.
Pneumonia pada anak bisa disembuhkan, sebagaian besar kasus pneumonia pada anak dapat sembuh dalam waktu satu sampai dua minggu dengan penanganan yang tepat, tetapi kondisi ini bisa saja memburuk jika pneumonia disertai dengan penyakit yang lain.
Gejala Pneumonia pada Anak
Gejala pneumonia biasanya diawali dengan infeksi saluran pernapasan atas (hidumg dan tenggorokan), biasanaya gejala ini muncul 2-3 hari setelah tubuh terinfeksi, tetapi perlu diperhatikan pneumonia yang menginfeksi anak mempunyai gejala yang berbeda pada pneumonia pada umumnya, pada anak biasanya disertai dengan gejala peningkatan laju pernapasan (takipnea) dan tarikan dinding dada saat bernapas.
Penyebab dari pneumonia juga dapat mempengaruhi gejala yang ditimbulkan, pneumonia yang disebabkan oleh bakteri biasanya muncul gejala:
A. Demam
B. Tampak sesak napas
C. Muntah atau diare
D. Batuk kering atau berdahak disertai lendir
E. Kelelahan
F. Kehilangan nafsu makan
G. Pada kondisi lebih parah, terjadi perubahan warna bibir dan kuku membiru (sianosis)
Sedangkan gejala pneumonia yang disebabkan oleh virus juga mempunyai gejala yang mirip dengan pneumonia yang disebabkan oleh bakteri, tetapi ada gejala lain, seperti:
A. Demam dan keringat dingin
B. Kesulitan bernapas atau mengi
C. Batuk yang makin memburuk
Cara mengobati pneumonia pada anak
Pengobaan pneumonia pada anak juga disesuaikan dengan penyebab dari pneumonia pada anak tersebut.
Pengobatan Pneumonia pada Anak akibat Bakteri
Pada kasus ini dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengobati pneumonia yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Perlu diketahui juga bahwa obat antibiotik harus dihabiskan meskipun kondisi anak sudah membaik.
Pengobatan Pneumonia pada Anak akibat Virus
Pneumonia pada anak yang disebabkan oleh adanya virus, maka dokter akan meredakan gejala yang dialami oleh sang buah hati, perlu diketahui, pneumonia pada anak yang diakibatkan oleh virus biasanya tidak menimbulkan gejala yang berat seperti pneumonia yang disebabkan oleh bakteri, tetapi waktu pemulihan pneumonia pada anak yang diakibatkan oleh virus membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar empat minggu.
Cara Mencegah Pneumonia pada Anak
A. Mencukupi kebutuhan gizi anak, berikan ASI kepada anak/bayi setidaknya pada enam bulan pertama, serta mencukupi kebutuhan gizinya saat MPASI, seperti memberikan asupan buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya.
B. Melakukan imunisasi pada anak, lakukan imunisasi/vaksin pneumonia pada anak
C. Terapkan perilaku hidup sehat sejak dini, latihlah anak sehingga anak mempunyai kebiasaan untuk mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir sebelum/sesudah makan, kebersihan rumah dan makanan yang dikonsumsi anak harus diperhatikan.
Pneumonia pada anak harus ditangani dengan segera untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih berat, jika mengalami gejala-gejala tersebut maka segera kunjungi fasilitas kesehatan, RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dapat menangani pneumonia yang menyerang pada anak dengan tindakan yang profesional serta pelayanan yang terbaik.
Kami mempunyai dokter-dokter yang ahli dibidangnya, Layanan Penyakit Anak RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai dokter-dokter yang profesional dalam menangani penyakit yang menyerang pada anak, ada dr. H. Mohammad Komarudin, Sp.A, dan dr. Muriana Novariani, Sp.A., M.Kes. Kami juga mempunyai Layanan Penyakit Paru yang ditangani oleh dokter-dokter yang kompeten seperti dr. Ardorisye Saptati Fornia, M.Kes,. Sp.P, dr. H. Yusrizal Djam’an Shaleh, Sp.P, serta dr. H. Muhammad Gani, Sp.P.