PKU dan Pengabdian Masyarakat

  • 03/01/2023
  • Comment: 0

Dalam rangka Milad 1 Abad PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan 14 tahun PKU Muhammadiyah Gamping melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan bekerjasama dengan FK UAD, FKIK UMY dan UNISA. Penerjunan pengabdian masyarakat kali ini di Islamic Center UAD kampun 4. (Kamis, 29/12/22)

Tujuan dari diadakannya penerjunan ini sebagai bentuk pengabdian PKU sebagai Aamal Usaha Muhammadiyah di Bidang kesehatkan untuk menyehatkan bangsa. Bertemakan Lintasi Zaman Sehatkan Bangsa RS PKU mencoba memberikan layanan kesehatan sampai ke desa-desa. Eka Budy selaku penanggungjawab kegiatan ini menyampaikan ada tuju tempat menjadi sasaran layanan kesehatan berbasis pengabdian masyarakat seperti Desa Cangkringan, Bronggang, Argomulyo Sleman, Desa Wukirsari, Sempon, Cangkringan Sleman, Desa Turi, Sleman,  Kelurahan Ngampilan, Kampung Berbah Kelurahan Kotagede Yogyakarta, Desa Bodeh, Ambarketawang Sleman dan Desa Pengasih Kulonprogo.

Pengabdian masyarakat meliputi edukasi kesehatan masyarakat, PPGD (Penanggulangan Penderita Gawat Darurat) awam atau edukasi gawat darurat, pendampingan sebaya kesehatan, posyandu remaja, hospital tour, pelatihan dokter kecil, gathering toga dan tomas, screening kesehatan, pembentukan dan pemberdayaan lanjut usia (lansia).

Ke depan, diharapkan banyak berkolaborasi dan mengajarkan pada mahasiswa, bagaimana bisa terjun langsung. “Mahasiswa tidak hanya Fakultas Kedokteran, tapi juga Ilmu Keperawatan, Kebidanan dan Fisioterapi,” kata Ario Tejosukmono, M.Biomed, MMR (Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UAD Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan dan Administrasi Umum)

Sebagai salah satu peserta yang ikut bergabung dalam program pengabdian masyarakat itu, Ario Tejosukmono berharap agar semuanya bisa menjadi wadah interprofessional education. “Sejak dini Fakultas Kedokteran disarankan untuk menyelenggarakan interprofessional education,” jelas Tejo.