YUK, KENALI NASOFARINGITIS SEJAK DINI

  • 23/01/2024
  • Comment: 0

KENALI NASOFARINGITIS SEJAK DINI. Penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) merupakan salah satu penyebab kematian utama pada bayi dan balita negara berkembang. ISPA atau NASOFARINGITIS di Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan utama karena masih tinggi angka kejadian ISPA terutama pada balita. Karakteristik penduduk dengan ISPA tertinggi terjadi pada kelompok 1-4 tahun. ISPA merupakan jenis penyakit menular yang biasanya menyerang balita dengan rentan usia kurang dari lima tahun. Data WHO tahun 2005 menyatakan bahwa proposisi kematian balita karena saluran pernafasan adalah sebesar 19-26% di seluruh dunia.

Penyebab ISPA :

KENALI NASOFARINGITIS SEJAK DINI. Virus penyebab ISPA antara lain golongan mikrovirus (termasuk di dalamnya virus influenza, virus pra-influenza, dan virus campak). Seperti Bakteri penyebab ISPA misalnya streptokokus, hemolitikus, stafilokokus, hemofilis influenza, dan karinebakterium diffteris8. Bakteri tersebut di udara bebas akan masuk dan menempel pada saluran pernafasan bagian atas yaitu tenggorokkan dan hidung. Bakteri tersebut biasanya menyerang anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh lemah.

Gejala penyakit nasofaringitis pada anak-anak yaitu gejala awal berupa rasa tidak enak pada hidung atau tenggorokkan, penderita mulai bersin-bersin, hidung mengeluarkan cairan yang encer atau jernih, biasanya tidak timbul demam tetapi bisa muncul demam ringan, disertai batuk atau tanpa batuk.

KENALI NASOFARINGITIS SEJAK DINI – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memiliki dokter spesialis THT yang memiliki banyak pengalaman dan tentunya professional. Untuk jadwal pemeriksaannya sendiri dokter THT buka pada hari senin – sabtu dengan jam yang berbeda – beda. Cara pendaftaran bisa di lakukan dengan cara online dengan klik Cara offline yaitu dengan cara mendaftar secara langsung ke Rs PKU dengan mengisi biodata dan syarat lainnya di bagian pendaftaran dan mengambil nomor antrian pasien. Rs PKU jogja memiliki poli khususnya untuk poli THT dan tumbuh kembang anak yang mungkin dapat menangani penyakit nasofaringitis . Jika sudah ada gejala – gejaladi atas maka segera periksakan ke RS PKU jogja.