• Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta
  • 0274-512 653 (Hunting)
  • info@rspkujogja.com
  • Jam kunjung pasien rawat inap : Senin-Sabtu 16.00-19.00
  • LAYANAN TREADMILL : JANTUNG SEHAT KELUARGA BAHAGIA

    LAYANAN TREADMILL

    Bahaya penyakit jantung semakin riil mengancam. Hasil penelitian terbaru, serangan jantung menuduki ranking ketiga penyakit mematikan atau pembunuh. Dengan demikian perlu kiranya sahabat sehat memperhatikan jantung kita. Nah disini kita bisa lihat kondisi jantung kita dengan Tes Treadmill.
    Tes Treadmill (Exercise Stress Test) adalah pemeriksaan fisik jantung yang memberikan informasi apakah jantung memiliki asupan darah dan oksigen dari sirkulasi saat terjadi stress fisik. Tes treadmill juga dilakukan untuk memperoleh informasi penting apabila ada kelainan dari irama jantung dan tekanan darah. Namun treadmill sebaiknya tidak dilakukan pada pasien yang baru saja mengalami serangan jantung, atau pada saat baru mengalami nyeri dada, maka sebaiknya lakukan uji treadmill sesuai anjuran/konsultasi dokter sebelumnya. Pemeriksaan fisik jantung ini adalah salah satu layanan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
    Pemeriksaan fisik jantung treadmill dilakukan jika Sahabat Sehat ingin mengetahui apakah Sahabat Sehat memiliki penyakit jantung koroner atau tidak. Jika dicurigai memiliki penyakit jantung koroner, meskipun tidak muncul saat pemeriksaan EKG, dokter mungkin tetap menyarankan Sahabat Sehat melakukan tes treadmill jantung. Namun, jika pasien baru mengalami serangan jantung, sebaiknya tidak dilakukan tes treadmill sebab pemeriksaan fisik jantung ini berat untuk dilakukan. Selain pasien yang baru mengalami serangan jantung, pemeriksaan treadmill jantung juga tidak disarankan pada pasien yang mengalami nyeri dada dengan kecurigaan karena penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, serta penyakit jantung lainnya seperti gagal jantung atau aritmia (gangguan irama jantung) yang tidak terkendali.
    Gimanasih prosesnya?
    Pada pemeriksaan treadmill jantung, pasien akan diminta untuk berjalan di atas treadmill dimulai dengan langkah yang lambat. Tubuh pasien akan terpasang elektroda yang dihubungkan dengan EKG. Selanjutnya pasien pemeriksaan fisik jantung akan diberikan peningkatan kecepatan pada treadmill setiap tiga menit. Pemantauan dilakukan sepanjang proses, dengan hal yang diamati adalah tekanan darah, denyut jantung, dan EKG. Selanjutnya, treadmill akan diperlambat dan diturunkan secara bertahap dalam sepuluh menit hingga berhenti.
    Yang perlu disiapkan
    Pasien diharapkan berpuasa selama tiga jam sebelum pemeriksaan fisik jantung ini dilakukan. Sebaiknya pasien berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung terlebih dahulu sebelum melakukan treadmill. Pastikan dokter jantung pasien mengizinkan pasien untuk melakukan pemeriksaan treadmill jantung ini.

    Informasi pendaftaran
    0274 512653 ext 258
    Pendaftaran online 0822 2301 9799
    Atau bisa langsung ke rs pku muhammadiyah Jalan KH. Ahmad Dahlan No 20 Yk (tim @pkujogjamedia)

    Leave a reply →
  • Posted by Aria Wasisya on 23 August, 2019, 15:38

    Untuk biaya trs jantung metode treadmill berapa ya? Atau ada paket medical Cek up jg di rs pku jogja

    Reply →

Leave a reply

Cancel reply