• Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta
  • 0274-512 653 (Hunting)
  • info@rspkujogja.com
  • Jam kunjung pasien rawat inap : Senin-Sabtu 16.00-19.00
  • Sekilas Tentang RS PKU Jogja

    RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta didirikan pada tanggal 15 Februari 1923 berdasarkan Qoidah Muhammadiyah Bagian PKU artikel 4 alinea 6 yang berbunyi : “ Mengadakan rumah sakit untuk menolong orang – orang sakit yang terlantar dengan memberikan pengajaran agama islam kepada orang – orang yang berobat”. Memperhatikan Qoidah tersebut maka jelaslah bahwa tujuan utama Muhammadiyah mendirikan rumah sakit adalah sebagai media dakwah dalam menyampaikan syiar ajaran agama islam melalui bidang kesehatan

    Saat awal berdirinya rumah sakit ini berbentuk klinik yang dipimpin oleh dr.Somowidagdo di Notoprajan, pada saat itu tempat masih berstatus menyewa. Dulunya klinik tersebut bernama PKO kepanjangan dari “ Penolong Kesengsaraan Oemoem”, kemudian berubah menjadi PKU kepanjangan dari “ Pembina Kesejahteraan Umat”. Pada saat ini benama RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta yang terletak di Jl.KHA.Dahlan No.20 Yogyakarta. Dalam perkembangannya RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengalami beberapa pergantian Pengurus / BPH dan direksi. Adapun susunan direksi RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta saat ini adalah sebagai berikut ; sebagai Direktur Utama dr.H.Joko Murdiyanto,Sp.An.,MPH, Direktur Pelayanan Medis dr.H.Muhammad Komarudin,Sp.A.,M.Kes, Direktur Penunjang Medis dr.H.Adnan Abdullah,Sp.THT-KL.,M.Kes, Direktur Umum Keuangan dan Kepegawaian drg.Hj.Pipiet Setyaningsih,Sp.Ort.,MPH, Direktur Al-Islam dan Kemuhammadiyahan H.Muhammad Isnawan,SE.,MPH.

    Seiring perkembangan pelayanan kesehatan yang semakin meningkat maka RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan Rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit 2 yang sekarang bernama RS PKU Muhammadiyah Gamping yang terletak di JL.Wates KM.5,5 Gamping Sleman serta akuisisi RS PKU Muhammadiyah Wates yang sekarang bernama Klinik Pratama PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit Wates yang terletak di Jl.KHA Dahlan No.11 Wates Kulon Progo (inf)

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply