• Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta
  • 0274-512 653 (Hunting)
  • info@rspkujogja.com
  • Jam kunjung pasien rawat inap : Senin-Sabtu 16.00-19.00
  • RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Adakan Pelatihan Duta Kesehatan Cilik

    RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Adakan Pelatihan Duta Kesehatan Cilik

    Kegiatan Milad Dokter Kecil

    Pengertian sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Artinya, seseorang dikatakan sehat jika tubuh, jiwa dan kehidupan sosialnya berjalan dengan normal dan sebagaimana mestinya.
    Hal itu dikatakan dr Wisda Kusuma di depan peserta pelatihan duta kesehatan cilik se-Kota Yogyakarta, Minggu (20/3/2016), di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.
    “Jika salah satu komponen tersebut terganggu, maka kehidupannya akan menjadi tidak sehat,” terang dr Wisda yang mengajak siswa SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta untuk membuat lingkungan yang sehat dan sejuk.
    Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di bidang kesehatan – khususnya bagi generasi penerus estafet perjuangan bangsa – RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan pelatihan duta kesehatan cilik se-Kota Yogyakarta yang difasilitasi Tim Kesehatan TBO Sedatif FKIK UMY.
    “Hal itu sebagai tanggungjawab sosial kepada masyarakat umum di lingkungan rumah sakit,” kata Eka Budy Santoso, SSos MPd, Mediator. Ditambahkan drg Indria Nehriasari, SpBM, MKes, selaku ketua panitia, kegiatan itu juga sebagai tanggungjawab sosial rumah sakit jejaring RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
    Kegiatan dalam rangka Milad ke-93 RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan Milad ke-23 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diikuti 80 orang siswa kelas 4 dan 5 SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta yang didukung Dana Sehat Muhammadiyah (DSM) dan PT Unilever Indonesia Tbk.
    Siswa SD Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta itu mengikuti kegiatan kompetensi kesehatan lingkungan, kesehatan gigi dan mulut, gizi dan imunisasi serta pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Diharapkan, nantinya para siswa dapat menjadi pelopot siswa sehat dan berprestasi di masing-masing sekolah serta dapat membantu tenaga kesehatan di UKS masing-masing sekolah.
    Seperti disampaikan Eka Budy Santoso, SSos, MPd, Mediator, ketua panitia Milad ke-93 RS PKU Muhammadiyah, kegiatan ini merupakan inisiasi dari tim pengabdian masyarakat wilayah Kotagede terdiri dari 13 mahasiswa FKIK UMY yang merupakan tanggung jawab dari Erfan Abdissalam, mahasiswa Prodi Farmasi FKIK UMY. (koranbogor.com/Hms)

     

     

     

     

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply