• Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta
  • 0274-512 653 (Hunting)
  • info@rspkujogja.com
  • Jam kunjung pasien rawat inap : Senin-Sabtu 16.00-19.00
  • Layanan Unggulan – Extramural

    Extramural bentuk layanan kegiatan luar yang dilakukan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka memberikan mutu pelayanan yang handal. Kegiatan ini dikenal dengan nama Extramural Hospital Services, yang secara organisasi kegiatan ini dibawah Humas dan Pemasaran. Ada dua kegiatan yaitu : Medic  Approch  dan Social Approch. 

    Untuk Medic Approch kami terdiri dari :

    1.Layanan Home Care

    Layanan Home Care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komprehensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memulihkan kesehatan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit. Pelayanan diberikan sesuai dengan kebutuhan pasien atau keluarga yang direncanakan dan dikoordinasi oleh pemberi pelayanan melalui staf yang diatur berdasarkan perjanjian bersama. Pada dasarnya pelayanan home care dibedakan menjadi 2 macam pelayaan yaitu home visit dan pelayanan pramurukti. Home visit adalah segala tindakan yang dilakukan kepada pasien oleh tenaga kesehatan sebagai kelanjutan dari tindakan yag dilakukan di rumah sakit atau bersifat panggilan baik untuk dijemput ataupun tidak. Pelayanan ini melibatkan berbagai tenaga yang berkompetensi di bidang masing-masing, diantaranya dokter, baik dokter umum, maupun dokter spesialis, perawat, fisioterapi, laborat, apotik. Pelayanan ini bisa dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Pramurukti/ pramusiwi merupakan asisten perawat yang bekerja untuk membantu orang lanjut usia, bekerja pada suatu keluarga dengan tugas merawat bayi atau anak-anak kecil keluarga yg bersangkutan. Untuk jenjang pendidikan formal bisa melalui Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang mengeluarkan sertifikat pelatihan baik selama 1 tahun, 6 bulan, 3 bulan. Pramurukti banyak diperlukan oleh keluarga yang sedang mengalami kesulitan dalam merawat salah satu anggota keluarga yang sedang sakit/ lansia. Kesulitan tersebut disebabkan karena saat ini banyak suami istri yang bekerja/ ada keperluan ke luar kota karena bisnis atau keperluan yang lain. Hal ini menyebabkan tidak mungkin harus setiap saat menunggu atau merawat anggota keluarganya yang sedang sakit, baik itu orang tua/ mertua, anak/ saudara, bahkan istri atau suaminya. Begitu juga sekarang banyak para lansia yang memerlukan perhatian khusus dari keluarga, sehingga peran pramurukti sangat dibutuhkan.

     

    2.Layanan Khitan Care

    Layanan Khitan Care : bentuk layanan kegiatan khitanan yang dilakukan secara kolektif atau massal yang diselengarakan untuk Masyarakat umum maupun Instansi.

     

    3.Layanan Bakti Sosial (Screning Kesehatan) dan PPPK

    Layanan Bakti Sosial (Screning Kesehatan dan konsultasi) dan PPPK : Bakti Sosial  memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi tentang kesehatan sedang PPPK menjadi Tim Medis di setiap Event yang melibatkan banyak peserta baik yang bersifat Mobile maupun Stand By.

     

    4.Kegiatan DMC (Disaster Medic Committee)

    Kegiatan DMC memberikan respon medis cepat apabila ada kejadian bencana.

     

    Sedangkan di Social Approch Kami ada : Masyarakat Binaan, Promosi Kesehatan Rumah Sakit, Health Club dan Health Managent Training.

    Kegiatan Masyarakat Binaan : Membangun masyrakat desa untuk siap menjadi desa yang sehat dan mampu berperilaku yang mendukung terciptanya derajat kesehatan yang tinggi.

    PKRS : Promosi Kesehatan Rumah Sakit : Merupakan langkah merubah perilaku masyarakat untuk agar tercipta lingkungan yang sehat. Hal ini sejalan dengan pemerintah dalam memberikan pendidikan kesehatan.
    Health Club  : Klub Kegiatan-kegiatan dibawah RS untuk mengakomodir pasien-pasien dengan kasus tertentu. Klub-klub kesehatan yang kami  miliki : PERSADIA ( Klub DM), dan  IKADIA (Klub Hemodialisa).
    Health Management Training : Pelatihan tentang managemen kesehatan.

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply