• Jl. KHA Dahlan 20 Yogyakarta
  • 0274-512 653 (Hunting)
  • info@rspkujogja.com
  • Jam kunjung pasien rawat inap : Senin-Sabtu 16.00-19.00
  • Visi dan Misi

    FALSAFAH RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

    Falsafah dasar
    Misi dakwah Islam amar ma’ruf nahi munkar :

    وَلۡتَكُن مِّنكُمۡ أُمَّةٞ يَدۡعُونَ إِلَى ٱلۡخَيۡرِ وَيَأۡمُرُونَ بِٱلۡمَعۡرُوفِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ ٱلۡمُنكَرِۚ وَأُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡمُفۡلِحُونَ ١٠٤

    Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung (QS Ali Imran 104)

    Keyakinan dasar dalam pelayanan kesehatan

    وَإِذَا مَرِضۡتُ فَهُوَ يَشۡفِينِ ٨٠

    Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku (QS. Asy-Syuara:80)

    Peningkatan mutu pelayanan yang berkelanjutan dengan mengutamakan keselamatan pasien.

    وَلِكُلّٖ وِجۡهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَاۖ فَٱسۡتَبِقُواْ ٱلۡخَيۡرَٰتِۚ أَيۡنَ مَا تَكُونُواْ يَأۡتِ بِكُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًاۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ قَدِيرٞ ١٤٨

    Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. (QS Al Baqarah 148)

    مِنۡ أَجۡلِ ذَٰلِكَ كَتَبۡنَا عَلَىٰ بَنِيٓ إِسۡرَٰٓءِيلَ أَنَّهُۥ مَن قَتَلَ نَفۡسَۢا بِغَيۡرِ نَفۡسٍ أَوۡ فَسَادٖ فِي ٱلۡأَرۡضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ ٱلنَّاسَ جَمِيعٗا وَمَنۡ أَحۡيَاهَا فَكَأَنَّمَآ أَحۡيَا ٱلنَّاسَ جَمِيعٗاۚ وَلَقَدۡ جَآءَتۡهُمۡ رُسُلُنَا بِٱلۡبَيِّنَٰتِ ثُمَّ إِنَّ كَثِيرٗا مِّنۡهُم بَعۡدَ ذَٰلِكَ فِي ٱلۡأَرۡضِ لَمُسۡرِفُونَ ٣٢

    Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.(QS Al Maidah : 32)

    Perwujudan Iman dan amal shaleh

    إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ سَيَجۡعَلُ لَهُمُ ٱلرَّحۡمَٰنُ وُدّٗا ٩٦

    Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa kasih sayang (dalam hati mereka) (QS Maryam:96)

    Sebagai tugas sosial

    يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ لَا تُحِلُّواْ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهۡرَ ٱلۡحَرَامَ وَلَا ٱلۡهَدۡيَ وَلَا ٱلۡقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلۡبَيۡتَ ٱلۡحَرَامَ يَبۡتَغُونَ فَضۡلٗا مِّن رَّبِّهِمۡ وَرِضۡوَٰنٗاۚ وَإِذَا حَلَلۡتُمۡ فَٱصۡطَادُواْۚ وَلَا يَجۡرِمَنَّكُمۡ شَنَ‍َٔانُ قَوۡمٍ أَن صَدُّوكُمۡ عَنِ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ أَن تَعۡتَدُواْۘ وَتَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡبِرِّ وَٱلتَّقۡوَىٰۖ وَلَا تَعَاوَنُواْ عَلَى ٱلۡإِثۡمِ وَٱلۡعُدۡوَٰنِۚ وَٱتَّقُواْ ٱللَّهَۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلۡعِقَابِ ٢

    Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syiar-syiar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban) dan qala’id (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya.(QS Al Maidah :2)

    1.    Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? أَرَءَيۡتَ ٱلَّذِي يُكَذِّبُ بِٱلدِّينِ ١
    2.    Maka itulah orang yang menghardik anak yatim,   فَذَٰلِكَ ٱلَّذِي يَدُعُّ ٱلۡيَتِيمَ ٢
    3.    dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. وَلَا يَحُضُّ عَلَىٰ طَعَامِ ٱلۡمِسۡكِينِ ٣
    4.    Maka celakalah orang yang salat, فَوَيۡلٞ لِّلۡمُصَلِّينَ ٤
    5.    (yaitu) orang-orang yang lalai terhadap salatnya, ٱلَّذِينَ هُمۡ عَن صَلَاتِهِمۡ سَاهُونَ ٥
    6.    yang berbuat ria,   ٱلَّذِينَ هُمۡ يُرَآءُونَ ٦
    7.    dan enggan (memberikan) bantuan. (QS. Al Maun 1-7)   وَيَمۡنَعُونَ ٱلۡمَاعُونَ ٧

    Visi

    PKU REBORN menghadirkan semangat dan gerakan baru yang mendorong terjadinya perubahan pada VISI rumah sakit agar sesuai dengan harapan persyarikatan, kebutuhan seluruh stake holder, keinginan civitas hospitalia RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, serta perkembangan kondisi saat ini dan masa depan, yaitu:

    “Menjadi rumah sakit yang Islami dan unggul dalam pelayanan, pendidikan, penelitian dan dakwah di bidang kesehatan”

    Misi

    Serangkaian upaya akan terus dioptimalkan agar VISI RS PKU Muhammadiyah bisa tercapai, yang dirumuskan dalam misi-misi berikut:

    1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan sesuai standar terkini, berbasis bukti ilmiah serta mengembangkan pelayanan berbasis digital

    2. Meningkatkan mutu Sumber Daya Insani melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan secara profesional, inovatif, efektif, dan efisien sesuai ajaran Islam

    3. Melaksanakan dakwah islam amar ma’ruf nahi mungkar sebagai sarana ibadah kepada Allah SWT yang bersinergi dengan persyarikatan, pemerintah, dan stakeholder lainnya untuk menciptakan masyarakat sehat dan sejahtera

    Nilai-nilai utama

    Seiring dengan perubahan VISI dan MISI rumah sakit, nilai-nilai utama juga mengalami perubahan agar dapat menggambarkan filosofi pelayanan yang lebih luas dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Nilai-nilai utama yang dianut oleh seluruh civitas hospitalia RS PKU Muhammadiyah di masa mendatang dituangkan dalam akronim ALMAUN untuk mengingatkan kembali falsafah dasar yang menjadi pondasi berdirinya persyarikatan Muhammadiyah dan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah satu abad yang lalu. Kata ALMAUN merupakan akronim dari nilai-nilai Amanah, Lengkap, Mutu, Antusias, Universal dan Nyaman, yang dideskripsikan sebagai berikut:

    A = Amanah, berarti jujur, bertanggung jawab dan dapat dipercaya, yang menunjukkan seluruh proses pelayanan, pendidikan dan dakwah yang dilakukan secara bertanggung jawab oleh sumber daya insani yang jujur dan dapat dipercaya.

    L =   Lengkap, menunjukkan RS PKU Muhammadiyah yang lahir kembali ini akan berusaha memberikan pelayanan, pendidikan dan dakwah yang bersifat komprehensif untuk memenuhi kebutuhan seluruh stake holder.

    M = Mutu, menunjukkan proses pelayanan kesehatan, pendidikan dan dakwah yang diselenggarakan selalu berdasarkan standar pelayanan terkini, sesuai dengan regulasi yang ada serta memenuhi nilai syari’ah Islamiyah.

    A = Antusias, menggambarkan semangat seluruh sumber daya insani yang berada di lingkungan rumah sakit untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabikhul khairat) memberikan pelayanan, pendidikan dan dakwah dengan sepenuh hati, cepat dan akurat.

    U = Universal, merupakan nilai yang sudah ditanamkan oleh KH Ahmad Dahlan kepada persyarikatan Muhammadiyah, agar seluruh sumber daya insani RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pelayanan, pendidikan dan dakwah yang bersifat setara, tanpa membeda-bedakan agama, suku hingga status sosial seseorang

    N = Nyaman, adalah kondisi rumah sakit yang didambakan oleh semua orang yang berada di dalam rumah sakit maupun di sekitar rumah sakit. Kenyamanan yang berarti luas, meliputi perasaan aman, tenang, senang, tentram, sejuk, yang diharapkan dapat mendukung proses penyembuhan pasien.

    RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta juga dikelola berdasarkan manajemen entrepreneural yang bertumpu pada nilai-nilai yang bersumber dari Al Qur’an sebagai share value yaitu:

    • Amanah
    • Sidiq
    • Fathonah
    • Tabligh
    • Inovatif
    • Silaturrahim
    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply